Perkenalkan Musik Pada Anak Sejak Dini

Jurnal dan penelitian yang pernah saya baca mengatakan bahwa musik memiliki efek positif terhadap perkembangan otak anak. Alangkah baiknya jika orangtua memperkenalkan musik kepada anak sejak usia dini. Musik dipercaya dapat membantu perkembangan mental anak, meningkatkan koordinasi fisik, dan menambah keterampilan berbahasa. Selain itu musik dapat membantu meningkatkan kemampuan matematis dan sosial, melatih daya ingat dan juga kreativitas si buah hati.Orang tua dapat melatih musikalitas anak sejak dini dengan cara memperdengarkan musik di setiap hari-harinya, atau menggunakan lagu dan gerakan-gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak.

Perlu dikethui usia yang ideal untuk memulai pelajaran musik ialah antara 3-6 tahun. Usia tersebut merupakan waktu terbaik untuk perkembangan pendengaran jadi orang tua dapat mulai memperkenalkan dengan cara memperdengarkan beberapa jenis musik, dan berbagai macam bunyi instrumen pada anak supaya anak dapat mulai membedakan bunyi.
Sedangkan waktu yang baik bagi anak untuk belajar sebuah instrumen musik adalah dimulai usia 8 tahun. Anak dapat mulai belajar instrumen musik seperti piano, organ, biola, dan gitar.

Sebuah catatan bagi setiap orang tua, jangan sekali-kali memaksakan kehendak kepada anak, termasuk dalam memberi pelajaran musik atau instrumen musik. Karena sebenarnya efek positif musik dapat tercipta apabila si anak senang bukan karena terpaksa. Ingat bahwa usia anak-anak sangat senang dengan bermain dan bermain.
sumberterkait

Leave a comment